Awali dengan mimpi lalu bergerak melaju tak terbatas

Sabtu, Juli 13, 2019

Sebut saja Koas Dokter Gigi

Tahun ketiga menyandang status koas. Tak dapat dipungkiri semakin terlihat wajah-wajah cemas di sekeliling. Jikalau ada tawa mungkin meringis dalam hati.

Mungkin dalam hatinya berkata

'heyho. kok integrasi sepi sih? pada kemana orang-orang? dah pada beres? dah pada mau lulus ya?'
'perasaan gue kerja tiap hari deh, tp kok kerjaan gue masih banyak aja ya'
'dih padahal kan gue yang ujian dept anu duluan, kok dia duluan sih yang bisa ikut ukmp?'

Semakin banyak tekanan dari luar. Teman-teman luar fkg uda pada kerja, udah bisa jajan-jajan cantik pake uang sendiri, uda mandiri, beliin ini itu buat ortu, jalan-jalan keluar negeri. apalah itu ya keduniawian. Satu persatu teman-teman juga menggenapkan agamanya, melahirkan buah hati sebagai penerus generasi. wadidaw. ih waw.

'kapan lulusnya? si itu uda kerja di anu'
'apa lagi sih yang belum? perasaan di bandung mulu udah mana jarang pulang juga'
'uda semester berapa ini? kira-kira beres kapan?'
 
Dan berbagai pertanyaan yang semakin kesini gabisa dijawab dengan excited lagi, jawaban excited sambil jelasin koas dokter gigi tuh beda sama dokter umum bule, bude, om, tante. Koas dokter umum itu pake jam kerja, jaga jam segini sampe segitu, stasenya lewat, trus ujian. Koas dokter gigi tergantung requirement, kalo jaga jam segini sampe segitu requirement nya dapet ya oke, kalo engga ya lanjut jaga sis. Kalo requirementnya beres baru deh bisa ujian. Jawaban kek gini udah gaminat lagi buat diomongin. Udah mana semakin sulit lagi dijawab pake senyum yang tulus.


doain aja ya. jawaban yang uda paling singkat, padat, dan diharapkan jelas. cape sis lama-lama. emang dikira kita gapengen beres apa, emang dikira gabosen apa.

Definisi rezeki orang beda-beda dari mulai bertemu dengan pasien yang sesuai dengan requirement yang kita butuhkan, ke-kooperatif-an pasien selama perawatan, datang tepat waktu sesuai jadwal, tidak mengundur atau pun meng-cancel janji di hari H, ataupun mundur seutuhnya karena ada saja pasien yang mundur di tengah jalan entah karena lelah bolak-balik rsgm ataupun bosan ketemu kita :( Dan hal itu berpengaruh karena berarti pekerjaan kita selama ini dengan pasien tersebut dan kasus tersebut tidak dapat diakui. Pekerjaan dapat diakui sebagai requirement ketika perawatan gigi tersebut dilakukan hingga selesai, pasien sehat, senang dan tidak mengeluhkan apapun setelah selesai perawatan. Jika tidak hingga tuntas, oke gudbay sis. Cari pasien dengan requirement tersebut kembali dan silahkan ulangi perawatan, dimulai dari nol ya :)

Sering banget pas kerja pedo, anaknya uda nyampe rsgm tapi gamau buka mulut, gimana aing mau rawat gigi anda hey. Atau lari-larian di lobby sama temen-temennya yang berarti mengurangi jam kerja, atau nangis mau pulang aja, bosen katanya.  huft. ah! atau kan pasien anak itu hampir semua dianter jemput ya, pas dijemput anaknya lagi boci, ciyan kan ya kalo dibangunin, masi ucil. atau pas dijemput anaknya lagi main sama tetangganya entah kemana. duh gajadi kerja dong eike. masa harus cari ke kampung sebelah. yampun, nganggur dec 

Kehadiran dosen saat bekerja, jika -ada- maka Alhamdulillah koas bisa berdiskusi bertanya mengenai kasus tersebut, mencari tau lebih lanjut dan meyakinkan diri dalam menjalani rencana perawatan pada kasus tersebut. Dan juga jika -ada- pun kemungkinan antrian acc bisa sepanjang jalan kenangan, yang dapat mempengaruhi jam kerja kami, waktu yang terbatas bisa terpotong ishoma ataupun adanya agenda lain dari pasien itu sendiri, yaps pasien pun manusia, punya keperluan sendiri, ada suatu pencapaian yang ingin dia raih. Maka saling harga-menghargai lah kita sebagai koas dan pasien, karena kita sama-sama punya hal yang perlu diraih. Maka pasienku, komitmen lah dengan janji yang telah kita buat :'3 Kabari sedari awal, apa yg sulit, kita cari win-win solution, karena komunikasi penting dalam menjalani sebuah hubungan ❤ Begitu pula, jika dosen -tidak ada-, maka jika residen pengganti mau melihat dan membimbing pekerjaan kita, Alhamdulillah, pekerjaan bisa tetap dilakukan. Jika tidak, maka mohon maaf silahkan coba lain waktu.

Dan tak lupa adanya rezeki untuk membiayai perawatan. Jika pasien betul-betul mengerti bahwa RSGM Unpad memiliki 3 kelas perawatan.
Kelas 1 : oleh spesialis (dosen kami)
Kelas 2 : oleh residen (senior kami -> drg yang sedang mengenyam pendidikan spesialis)
Kelas 3 : oleh koas (kami -> mahasiswa sarjana yang sedang ingin meraih gelar drg)
Maka akan sangat mengerti bahwa perawatan dengan koas tetap memiliki tarif, ya namanya juga rumah sakit kan ya. Meskipun sudah sangat pasti tarif koas bisa dibilang cukup rendah. Karena apa? Jasa koas tidak dibayar. Mungkin ini yang dibilang jam terbang menentukan. Pengalaman koas dianggap masi minim. Hmm emang iya si, tapi kan kita juga uda belajar dulu pas preklinik dan uda coba ngerjain juga pas praktikum. Mayan lah ada isinya, wk

Jadi pasien koas cukup membayar bahan dan fasilitas yang digunakan selama perawatan di RSGM. Jika pasien tersebut tidak mengerti atau paham tapi tetap tidak mau membayar, ya apa boleh buat, sang koas yang membutuhkan kasus tersebut, ya mau tidak mau akan membayar perawatan pasien tersebut. Bagi seorang koas yang hatinya lapang dan meyakini rezeki pasti ada jalan maka akan menganggapnya sedekah, insya Allah dapat pahala. aamiin. Bagi koas yang menggerutu ya sayang aja karena uang tetap melayang namun tak dapat apa-apa, alias sia-sia. Soalnya kalo lama-lama berat juga loh sis menahan untuk nongki-nongki cantik di cafe, wk. Mau belanja online... Oya, pasien gtl belum bayar lab nih. Mau lanjalan.... Oya, pasien ortho kemaren alatnya ilang harus bikin lagi. Mau nonton...... Oya, mingdep mau bikin onlay buat pasien follow up endo. Akhirnya berakhir nonton indoxxi nge wifi di kosan orang.

Dan jangan lupa pasien pedo.. udah mah perlu dianter jemput, dibayarin perawatannya, pulangnya dijajanin lagi, ih waw dompet koas mudah sekali keringnya. ih so hepi gaiz anak-anak yang dirawat giginya sama koas, para orangtuanya cukup percaya aja sis sama koasnya, mereka gabakalan gigit kok. Dijamin gigi sehat, perut kenyang, anak selamat.


Setiap orang punya masalahnya masing-masing.
Allah tidak akan membebani seseorang diluar kemampuannya (Al Baqarah : 286)
mungkin koas anu dikasi pasien yg gabalik-balik aja uda pusing, mungkin koas anu kalo gajadi bisa karaokean gegara bayarin perawatan pasien anu rungsingnyaa sampe dikirimin uang lagi sama papip, mungkin ada koas anu pas kerja ga di acc sebel sama dosennya ampe kebawa mimpi, padahal mungkin ada koas anu yg punya masalah keluarga misal finansial, jadi gabisa bayar semesteran, kosan ataupun perawatan pasien, otomatis gabisa kerja pasien dong, yang kaya gini nih yang namanya menunda menyelesaikan requirement karena alasan tertentu. Ga sedikit koas yang menghilang dari peredaran di rsgm buat ngebisnis dulu, mengumpulkan pundi-pundi, dan kembali ke rsgm setelah siap menghambur-hamburkan kembali uangnya. Ga sedikit juga koas yang menghilang buat melahirkan, iya doi udah kedatengan jodoh ditengah-tengah koas, eh dapet bonus buah hati. Anak kan amanah ya, mereka butuh sosok ibu, perlu dirawat juga dong, nambah deh tanggung jawabnya, semakin diasah deh itu koas manajemen waktu dan dirinya. selamat ya :) Ga sedikit juga koas yang menghilang sejenak buat liburan entah pulang kampung halaman atau jalan-jalan keluar negeri. Pusing di rsgm liat orang kerja, w gaada pasien gt katanya. Buat koas yang katanya tetep mau bermanfaat tp penat di rsgm doi ikutan kegiatan diluar fkg, iya kalo cuma sejenak, eh ternyata jadi terlalu nyaman diluar nih, yg kek gini nih kalo kelamaan ati-ati nanti malah jadi segan buat balik rsgm lagi karena pas balik loh.. loh... kok kerjaan temen-temen uda melesat jauh. omg. makin-makin deh ngerasa tertekan. Koas yang kaya gini perlu banyak-banyak di-doa-in, percayakan pada Allah karena Dia yang Maha membolak-balikan hati. Karena koas aktipis kek gini kadang mereka tau harus kembali ke rsgm, tau untuk segera menyelesaikan apa yang telah dimulai, but need time. Ditanyain sering-sering sama temennya juga ternyata menyakitkan dirinya. Let her/him think about her/himself. Kalau kitanya gabisa ngobrol dibarengi empati mending gausa ngomong cuy, ajak ke psikolog kalau emang beneran dibutuhin. Karena setiap orang punya caranya masing-masing untuk stress release.

Jadi kita tu gabisa men-generalisir setiap orang. Ah dia mah males, jarang ada di rsgm. atau Si anu aja bisa lulus taun kemaren, kok elo masih disini-sini aja sih. Percayalah, setiap orang diberi ujian yang berbeda-beda oleh Allah dalam mendewasakan diri. Kali aja orang yang lulus duluan itu, emang dia dibutuhin buat tulang punggung keluarga. Kita gapernah tau, dan jangan sok tau dengan kehidupan orang lain. Fokus sama diri sendiri. Kita semakin baik dari diri kita versi kita yang dulu. Be the new you! *kek bukunya wirda mansur* Upgrade yourself.


Ujian kesabaran dan keikhlasan yang terus ditempa hampir setiap hari. Sebagaimana penjelasan diatas, warna-warni ujian sabar dan ikhlas begitu nyata hadir di setiap sudut perjalanan koas ini. Kalo imannya lagi bagus, bisa menerima dengan ringan dan lapang dada, tapi kadang kalo uda numpuk-numpuk tuh, bisa keluar umpatan dan keluhan.. yg kalo lagi bener ditutup dengan istighfar... ya emang sih ga menjamin juga kehidupan diluar sana lebih baik, dunia kerja, dunia rumah tangga, ya kan bisa jadi ujiannya malah semakin besar. Karena sebagaimana yg aku percaya ujian yang diberikan Allah itu dapat meningkatkan derajat level seorang hamba. Otomatis setiap fase hidup ini akan tetap dan terus ada ujian. 

Jadi sis, selama aku menyandang status koas selama hampir tiga taun ini, aku menyimpulkan bukan hanya sekedar sehat fisik yang dibutuhkan untuk menyelesaikan dan mengakhiri status koas, tetapi juga kesehatan jiwa, kekuatan mental dan ketebalan iman.

Kesehatan fisik untuk tetap fit bekerja selama perawatan. Kesehatan jiwa untuk tetap bisa berpikir jernih dalam diskusi bersama dosen serta dalam edukasi dan berhubungan bersama pasien. Kekuatan mental untuk dapat menerima berbagai keadaan yang tidak diharapkan. Dan ketebalan iman untuk meyakini setiap ketetapan yang ada.   

Karena bagi seorang muslim perlu diyakini, bahwa akan ada kehidupan lain yang lebih kekal. Kehidupan akhirat nanti disana ada surga dan neraka. Mau dimanakah akhir hidup kita? Jangan sampai berburu ngejar-ngejar requirement koas sampe mabok tapi lupa sama requirement akhirat. eh lupa kelewat solat dzuhur nih, tanggung soalnya pasiennya dari pagi. hey, uda mah kitanya ga solat, bawa-bawa pasien ga solat lagi kan, ew. numpuk deh dosanya.

Perlu dilurusin lagi bukan sekedar berdoa ya Allah mudahkan agar aku bisa lulus taun ini, tapi juga perlu menemukan alasan akhirat kenapa harus lulus taun ini. Biar punya duit sendiri, gitu kan, misal. tapi sayang cuy kalo tujuannya cuma sampe situ, panjangin lagi.. biar semakin gampang sedekahnya, biar semakin luas nolong orangnya, nah yekan biar nyampe ke akhiratnya.. Biar bikin bangga orangtua, bisa dipamerin ke temen-temennya kalo anaknya nih dokter gigi, gitu kan, misal. panjangin lagi... kan biar nyenengin orangtua, kan ridho Allah ridho orang tua. nah yekan biar nyampe tujuan ke akhiratnya..

"Barangsiapa yang menghendaki keuntungan di akhirat akan Kami tambah keuntungan itu baginya dan barang siapa yang menghendaki keuntungan di dunia Kami berikan kepadanya sebagian dari keuntungan dunia dan tidak ada baginya suatu bahagia pun di akhirat" (As Syura : 20)

"Barangsiapa yang menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya niscaya Kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan. Itulah orang-orang yang tidak memperoleh di akhirat kecuali neraka dan lenyaplah akhirat itu apa yang telah mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan" (Hud : 15-16)

"Dan barangsiapa yang menghendaki kehidupan akhirat dan berusaha ke arah itu dengan sungguh-sungguh sedang ia adalah mu'min, maka mereka itu adalah orang-orang yang usahanya dibalasi dengan baik" (Al Israa : 19)

So, kalau ngejar koas doang yaudah pasti dapet kok lulus. Sebagaimana orang hidup pasti mati, setiap koas juga pasti lulus. Bagi orang-orang yang mengusahakan. Sebagaimana matinya sebagai hamba yang seperti apa, setiap koas lulusnya juga mau sebagai dokter gigi yang seperti apa.

Sebagaimana ada manusia yang wafat dalam keadaan husnul khotimah, dikenal pas di dunia selalu berbuat baik. Ada juga koas yang lulus dalam keadaan keren, dikenal pas koas kerjanya emang bagus tanpa diomongin orang lain begini dan begitu.

Kalau kejar akhirat, insya Allah semakin tenang dan lapang hatinya dalam menjalani setiap persimpangan koas, karena yang dicari keberkahan. Kalau kejar akhirat, insya Allah dapet keduanya, lulus koas oke, akhirat sip. Cikidiw. Sekian kontemplasi hari ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar